Gender Scanning & Mainstreaming

Kegiatan GSM (Gender Scanning – Mainstreaming) adalah kegiatan yang dinisiasi WGBP (Working Group Beusaboh Pakat, Kelompok Kerja Peningkatan Kapasitas Lembaga Masyarakat Sipil) Aceh-Nias. Rangkaian FGD telah dilakukan untuk memulai wacana mengenai gender dan pengarusutamaan gender dalam tubuh Lembaga Masyarakat Sipil dan LSM di Aceh dan Nias.

Kegiatan meliputi beberapa rangkaian FGD mengenai gender dan pengarusutamaan gender, mengidentifikasi masalah-masalah kontekstual dan menyusun draft-draft tools untuk scanning dan mainstreaming sekaligus tools-tools untuk melakukan proses coaching.

Kemudian sebuah lokakarya/workshop dilaksanakan di Hotel Pade, Banda Aceh, 7-9 November 2008 menghasilkan antara lain:

1) 4 Coachs yang siap mengawal dan melakukan proses scanning dan pengarusutamaan kepada organisasi partisipan dan lembaga lain pada umumnya.

2) Adanya tools yang dikembangkan dan aplikabel penerapannya

3) Adanya tim GSM yang solid untuk melaksanakan kegiatan GSM dan menyusun rancangan GSM ke depan.

Pendekatan yang dilakukan menggunakan berbagai aspek masukan pengetahuan seperti: Rights-based Approach, Pengantar instrumen HAM dan CEDAW, Pengembangan tools, Peran dan citra lembaga masyarakat sipil, Neuro-linguistic programming, dst.

Selamat dan sukses tim mengo dan tim GSM.

Mengenai coaching dan mentoring dapat dibuka link di wikipedia berikut ini: http://en.wikipedia.org/wiki/Coaching dan http://en.wikipedia.org/wiki/Mentoring

Semoga bermanfaat