Team Building WGBP

Setelah melakukan pengunduran jadwal sampai beberapa kali, pada akhirnya WGBP, salah satu mitra OXFAM GB di Aceh-Nias melaksanakan kegiatan Team Building bagi anggota komite kreatif, koordinator, lembaga penjamin dan staf-staf WGBP. Kegiatan berlangsung empat hari, akhir November 2008, di Gapang, Pulau Weh… atau dikenal sebagai Sabang.

Kegiatan dimulai dengan berbagai permainan outbound dan tes-tes psikologis. Dari hasil tes-tes dan berbagai permainan menampak bahwa bahan-bahan dasar bagi tim tidak muncul dan menampak kuatnya ‘individualisme’ dari masing-masing komponen.

Untuk itu penelaahan masalah dilakukan dengan mengkaji barier-barier psikologis dengan pelacakan mind map. Dalam pelacakan ini ditemukan bahwa akar masalah ada pada semua komponen yang ingin mengedepankan diri sendiri ketimbang semangan kelompok dan kebersamaan. Dan pada saat yang sama tidak ada ‘roh’ kepemimpinan yang dapat memimpin arus tidak menentu ini. Ini memunculkan pertanyaan mendasar mengenai apa yang bisa dilakukan bersama untuk mengantisipasinya.

Kegiatan berakhir dengan membuat rencana bersama dan pribadi mengenai apa yang bisa ‘aku’ lakukan bagi WGBP. Dan fasilitator/trainer yang merupakan seorang psikolog profesional memberikan advis-advis.

Terima kasih kepada Fattah Hidayat, M.Psych. dah Ustad Fachrurozi yang memberi kekuatan tim ini.