CEFE

1. Apa itu CEFE?

CEFE adalah Competency based Economies through Formation of Enterprises. CEFE merupakan instrumen pelatihan yang komprehensif dengan menggunakan pendekatan berorientasi tindakan (action oriented approach) dan pembelajaran eksperiensial/berbasis pengalaman dalam mengembangkan dan meningkatkan manajemen bisnis dan kompetensi personal dengan kelompok sasaran yang luas, terutama dalam konteks peningkatan pendapatan dan employment/peluang kerja serta kontribusinya bagi pembangunan ekonomi daerah.

CEFE telah menjadi konsep pelatihan yang didasarkan pada asumsi bahwa pemberdayaan komunitas dapat dilakukan esensialnya pada pengembangan sumber daya insani dan melalui orang-orang yang produktif dan akuntabel yang akan menjadi kekayaan bangsa yang lebih besar. CEFE telah berkembang bertahun-tahun dari pendekatan pelatihan individual yang ingin memulai usaha mandiri kepada metodologi pelatihan yang lebih jauh, didesain untuk menciptakan perilaku bisnis (enterprising behavior) dan kompetensi di dalam situasi yang sangat beragam.

2. Apa yang CEFE ingin raih?

Tujuan utama dari CEFE adalah untuk meningkatkan kinerja entrepreneurial dalam tubuh para pelaku ekonomi melalui:

  • Analisis diri terbimbing (Guided self analysis)
  • Menstimulasi perilaku bisnis (Enterprising behavior)
  • Membangun kompetensi bisnis (Business competencies)

3. Bagaimana CEFE bekerja?

  • Langkah pertama: Awareness di mana partisipan didorong untuk mengevaluasi siapa mereka, mengkonstruksi nilai diri mereka, menginstrospeksi kepribadian , motivasi diri, kapabilitas diri dan sumber daya diri.
  • Langkah kedua: Acceptance atau penerimaan akan kekuatan dan kelemahan diri, tidak setiap orang harus menjadi pemimpin atau bos, tetapi menjadi semakin kreatif, inovatif dan kompeten, merupakan jalan yang untuk memperoleh penghargaan dari setiap profesi.
  • Langkah ketiga: Goal setting, yaitu fokus pada pengembangan ketulusan dan “jelasnya” niat (clarity of purpose) dari tujuan jangka panjang maupun jangka pendek seseorang.
  • Langkah keempat: melibatkan pengembangan strategi-strategi dan rencana-rencana aksi, di mana diorientasikan untuk menumbuhkan pertumbuhan (generate growth), dan ini terjadi setelah menganalisis komponen-komponen yang relevan dari enam faktor yang disebutkan di atas dan termasuk upgrading pengetahuan mengenai ekonomi dan pengambilan keputusan bisnis (entrepreneurial).
  • Langkah kelima: merupakan pengalaman langsung yaitu fokus pada pelaksanaan structured learning experiences (SLE) dan menghadapi  ”real life” situasi kenyataan hidup yang membantu membangun pengalaman-pengalaman ini dalam menguji strategi-strategi yang ditetapkan, diuji, dievaluasi dan dimodifikasi.
  • Langkah keenam: merupakan transformasi dan perbaikan di mana kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan hadir bersama ke dalam sebuah pola yang sesuai dan selaras dengan kekuatan dan kelemahan diri serta tujuan-tujuan yang ingin diraih.

4. Apa yang membuat CEFE menjadi pendekatan yang efektif?

Semua panduan prinsip dari CEFE dalam pelatihan adalah kepemilikan dari proses (ownership of the process) yang diperoleh dari waktu dan enerji yang partisipan investasikan melalui agenda pelatihan yang betul-betul dibutuhkan dari setiap sesi. Dengan menjalani keenam langkah dari awareness hingga transformasi, partisipan diberi kesempatan untuk mengalami pertumbuhan personal dan mengembangkan perilaku kewirausahaannya lebih jauh (enterprising approach to life). Jadi pemberdayaan sebetulnya terletak pada proporsi langsung dari investasi yang diberikan partisipan dengan kesempatan ekonomi yang tumbuh daripadanya.

5. Bagaimana CEFE bisa berkontribusi pada upaya pembangunan ekonomi?

Metode promoso wirausaha dari CEFE merepresentasikan sebuah sintesis kewirausahaan riset, teori dan aplikasi yang langsung terkait dengan pertumbuhan ekonomi dengan lebih banyak employment yang terkualifikasi dan pendapatan individual yang meningkat lebih tinggi. Kekuatan CEFE bersumber dari perhatiannya yang serius pada hasil praktis dalam setiap intervensinya. Metode ini telah digunakan secara luas di berbagai sektor seperti pengembangan usaha kecil dan menengah, rekonstruksi dan sektor swasta, pelatihan manajemen, pelatihan kejuruan (vocational training), pendidikan, pembangunan pedesaan dan/atau perkotaan, kaum pengungsi program reintegrasi maupun inklusi, dan di dalam pertanian on farm ataupun off farm.

Meskipun metode pelatihan CEFE telah diterapkan secara luas dalam situasi yang beragam, CEFE tetap berfokus pada stimulasi pertumbuhan ekonomi terutama proses usaha kecil dan menengah di mana wirausahawan berupaya meningkatkan kinerja bisnis mereka. Manakala yang sama, pada tingkat makro dan meso, dukungan dan institusi regulatori juga diperhatikan agar menciptakan lingkungan positif yang relevan bagi bisnis.

6. Apa yang  CEFE jangkau dalam pendekatan pelatihan itu?

CEFE telah diperkenalkan dan dipraktekkan di lebih 100 negara hingga sepuluh tahun terakhir. Dan dikembangkan melalui sebuah Jaringan Kerja Internasional dari lebih 1,300 organisasi dan 2,500 pelatih profesional. Aktivitas terkait diseminasi mendunia dari konsep CEFE didukung dan didanai oleh banyak proyek lembaga donor bilateral dan multilateral demikian pula organisasi pemerintahan (ADB, IADB, EU, ILO, World Bank, UK, Canada, Austria, USA, Brazil, South Africa dan Tunisia). Di bawah dukungan GTZ, telah ada 150 proyek bilateral dan demikian pula proyek internasional yang disebut operasional CEFE International dengan metode CEFE.

7. Apa pengalaman aktual atau dampak dari pendekatan CEFE?

CEFE telah terbukti menjadi pendekatan yang berhasil dalam mempromosikan UKM, lapangan kerja, serta pertumbuhan pendapatan dan ekonomi. Temuan utama dari evaluasi resmi Kementrian Kerjasama Ekonomi Jerman, yang dilakukan di berbagai negara di Asia, Latin America, Africa menghasilkan bahwa:

  • Semua peserta yang mengikuti CEFE menyatakan CEFE telah berhasil !

    Bagi pengembangan kompetensi kewirausahaan mereka
    Bagi pengembangan personal mereka
    Bagi pengembangan bisnis/usaha mereka

  • 98% dari wirausahawan/wati yang dilatih dengan 1-2 karyawan dan 100% dari wirausahawan/wati yang dilatih dengan 6-10 karyawan mengklaim bahwa pendapatan mereka dan turnover mereka meningkat setidaknya 30% setelah karyawan mengikuti pelatihan CEFE
  • Lulusan pelatihan bagi wirausahawan/wati potensial

    44% belum mulai sebuah usaha dan
    45% menjadi wirausaha yang sukses

  • Hingga hari ini, CEFE seems to be especially successful and fruitful when used for people which have lower educational background and or low income.
  • When looking at the number of employees, the increase in number is significant after a CEFE training with an average of 4 new jobs created per participant
  • Women’s share in CEFE circles around 38%. A CEFE training can be broken down into several training course modules, this helps women and other participants with time consuming obligations to participate.

Contoh di Filipina, menurut studi akhir dari  DTI Countryside Entrepreneurship Development Program (CEDP), 33% dari wirausaha potensial telah memulai sebuah usaha setelah satu tahun mendapatkan pelatihan CEFE dan sedangkan dari wirausaha yang sedang berjalan 80% telah mengekspansi usaha mereka setelah mendapat pelatihan CEFE.

8. Apa peran dari CEFE International?

CEFE International adalah jaringan internasional  CEFE dengan implementing organizations dan para pelatih tersertifikasi internasional yang terutama berjaringan untuk dukungan proyek jangka panjang, berjejaring dengan mitra-mitra CEFE, lembaga-lembaga donor dalam penerapan program CEFE, riset-riset pembelajaran implementasi CEFE, dll. Juga membantu mitra-mitra CEFE dalam mengadaptasi dan menerapkan know-how CEFE menurut atau sesuai dengan kebutuhan spesifik setiap kelompok sasaran dan tujuan dari kegiatan proyek.

9. Apa peran dari CEFEIndo?

CEFEINDO adalah organisasi payung dan jaringan dari perusahaan-perusahaan penyedia layanan CEFE serta asosiasi pelatih-pelatih kewirausahaan yang menerapkan CEFE di Indonesia. CEFEINDO adalah implementing organizations dan pelatih di bawah payung CEFE International. Detilnya lihat profil di blog CEFEINDO.