SIYB

Program Start and Improve Your Business (SIYB) adalah program pelatihan kewirausahaan yang disusun oleh International Labour Organization (ILO) bertujuan untuk mendorong masyarakat memulai dan mengembangkan usaha yang menguntungkan. Pertama kali programnya disebut Start Your Business (SYB) atau Mulai Bisnis Anda (MBA) dalam proyek kerjasama teknis ILO di Fiji tahun 1990-an. Pelatihan Improve Your Business (IYB) atau Tingkatkan Usaha Anda (TUA) dikembangkan dari paket pelatihan yang awalnya bernama Look After Your Firm dari Federasi Pengusaha Swedia pada tahun 1970-an. Saat ini SYB dan IYB dikenal sebagai SIYB dan telah digunakan di 80 negara Afrika, Eropa dan Amerika Selatan.

Di Indonesia program SIYB diperkenalkan tahun 2002 untuk melengkapi program Know About Business (KAB) atau Mari Belajar Bisnis (MBB), sebuah program kewirausahaan ILO untuk sekolah-sekolah terutama sekolah kejuruan dan lembaga pendidikan tingkat lanjut.

Latar belakang program SIYB di Indonesia adalah fakta bahwa sejak tahun 1980-an, angka pengangguran kaum muda mengalami peningkatan mencapai + 25% di perkotaan dan + 15% di pedesaan. Hingga hari ini angka pengangguran masih tinggi.

Untuk itu promosi kewirausahaan menjadi alternatif untuk membangun sikap dan kecakapan berwirausaha utamanya bagi kalangan kaum muda. Tujuan pelaksanaan SIYB adalah:

  • Mengembangkan keterampilan dan sikap kewirausahaan melalui simulasi bisnis atau menjalankan bisnis mereka sendiri.
  • Mengunjungi bisnis-bisnis sukses untuk belajar menghargai dinamika, tantangan berbisnis dan nilai-nilai kewirausahaan sebagai pilihan karir.
  • Memberikan informasi yang utuh mengenai wirausaha dan dunianya sehingga membangun mental yang kokoh.
  • Berinteraksi dengan model dan contoh pengusaha sukses.

Mengapa SIYB ?

SIYB percaya bahwa seorang entrepreneur bisa dibentuk (selain dilahirkan) melalui suatuproses pelatihan yang menekankan pada 3 hal target pembelajaran :

1. Peningkatan pengetahuan,
2. Peningkatan keterampilan manajemen bisnis,dan
3. perubahan sikap.

Untuk menghasilkan 3 hal terget pembelajaran tersebut dan memperhatikan karakteristik entrepreneur, SIYBmenggunakan Prinsip Pendidikan orang dewasa denganpendekatan pelatihan Partisipatif dan orientasi aksipeserta. Dalam pelatihan ini, pelatih hanya berperansebagai fasilitator dan pesertalah sebagai sumberpembelajaran utama

Satu hal yang menarik, proses pelatihan menggunakan metode pelatihan meliputi ; diskusi kelompok, curah pendapat (brainstroming), studi kasus, latihan dan bermain peran serta simulasi bisnis (business games). Dengan berbagai metode pelatihan tersebut, pesertapelatihan SIYB akan :

1. Mendapatkan sugesti positif dan suasanamenyenangkan dalam proses pelatihan
2. Aktif dan berperan penuh dalam prosespencapaian pembelajaran : pengetahuan danketerampilan baru
3. Memperoleh rangkaian momen – momenpengalaman dan pembelajaran untuk mencapaiperubahan sikap menjadi lebih baik menjadiseorang entrepreneur

Seperti yang dituliskan oleh Ciputra (Kompas,19 Februari 2009) , SIYB juga sarat dengan nilai-nilai latihan dan pendidikan yang sesuai dengan semangat entrepreneurship untuk berperan serta membangun negeri ini.

Bagaimana, tertarik menjadi entrepreneur ?

Informasi mengenai Asosiasi Trainer bisa di klik blognya.

Keterangan lain bisa diunduh di sini dan di sini