Value Chain

Mempromosikan rantai nilai atau value chains (VC) telah menjadi bidang pembahasan penting dalam kerjasama ekonomi. Saat ini, banyak sekali program pembangunan ekonomi mengarah pada insentif pasar dan mendorong peran penting dari sektor swasta dalam pembangunan berkelanjutan. Pilihan strategis ini dimotivasi oleh adanya konsekuensi globalisasi ekonomi: Liberalisasi perdagangan, meningkatkan permintaan secara kualitatif dan koordinasi vertikal dalam produksi maupun kegiatan pasar yang mengubah aturan-aturan persaingan – baik dalam pasar global maupun pasar domestik.

Pertanyaan paling menantang dalam kebijakan pembangunan adalah bagaimana membuat proses-proses ini lebih inklusif secara sosial. Pembangunan ekonomi haruslah pro-miskin (pro-poor) dan memperbaiki posisi dari pengusaha mikro kecil dan petani serta para pekerja miskin.

Setelah beberapa tahun mengimplementasikan proyek promosi rantai nilai (value chain), saatnya untuk mengumpulkan pembelajaran dari hasil: Apakah upaya yang dilakukan betul-betul berkontribusi kepada pengurangan kemiskinan yang luas?

Ada beberapa poin kritikal yang perlu didiskusikan. Sebuah pertanyaan umum terkait dengan opsi-opsi realistis bagi produsen lokal dan pekerja dalam hal keuntungan maupun resiko yang harus ditekan.

Satu isu penting adalah pasar potensial yang betul-betul aktual bersifat pertumbuhan pro-poor, bahwa semakin sedikit hambatan masuk terkadang dikarakteristikkan oleh adanya penurunan harga barang-barang. Dengan fokus yang menyebar luas atas niche market (peluang pasar) selalu memunculkan pada pertanyaan:  Manakala peluang pasar mendorong produsen skala kecil bekerja, dan sejumlah penerima manfaat menjadi terbatas – dan dengan demikian kegiatan pembangunan menjadi efisien. Secara umum,  promosi rantai nilai (value chain) dalam pembangunan tidak hanya harus pro-poor, tetapi juga harus menjangkau luas.

the Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) GmbH

Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) GmbH

 

Value Links Manual download here.

ValueLinks Manual